LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA UNHAS

Beranda » Kegiatan » Pelatihan Dasar Anggota Baru

Pelatihan Dasar Anggota Baru

PELATIHAN DASAR ANGGOTA BARU

LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA

UNIVERSITAS HASANUDDIN

A. MUKADDIMAH

Mahasiswa sebagai driving force dalam perubahan-perubahan historis bangsa selalu hidup dalam dinamisasi pergerakan yang fluktuatif.  Dalam setiap era kepemimpinan, mahasiswa selalu menjadi tumpuan harapan rakyat ketika sendi-sendi kehidupan negara macet. Kepercayaan masyarakat pada kemurnian gerakan mahasiswa masih besar walaupun dalam beberapa kasus mahasiswa dicitrakan sebagai generasi vandalis. Hal ini dapat kita lihat dari masih besarnya permintaan masyarakat kepada mahasiswa untuk mengadvokasi masalah-masalah sosial kemasyarakatan yang mereka hadapi.

Ditengah tugas sejarah ini, mahasiswa juga diperhadapkan dengan masalah-masalah internal dan eksternal yang membuat kosentrasi pergerakan cenderung tidak fokus dan terpcah-pecah. Kebijakan-kebijakan ekonomi-politik kampus dan pemerintah membuat mahasiswa harus berjibaku dengan dirinya sendiri. Hasilnya, pergerakan mengalami stagnasi hingga krisis eksistensi yang cukup memiriskan. Dalam lingkup Universitas Hasanuddin, keadaan ini juga terjadi dalam lingkup intra maupun ekstra. Hal ini tercemin dari banyaknya kasus-kasus yang mengorbankan mahasiswa maupun masyarakat yang terlewati begitu saja.

Dalam keprihatinan itulah kemudian LAW Unhas (Lingkar Advokasi Mahasiswa Unhas) hadir untuk membangkitkan kembali iklim intelektual dan tanggung jawab sosial mahasiswa. LAW Unhhas merupakan lembaga kemahasiswaan yang berfokus pada jalur-jalur formal (litigasi) dalam melakukan advokasi baik itu internal maupun eksternal kampus. Tidak bisa dipungkiri bahwa jalur-jalur non-formal (non-litigasi) yang selama ini dilakukan oleh mahasiswa menjadi salah satu senjata yang cukup ampuh dalam upaya pengubahan kebijakan (advokasi), namun berfokus kepada jalur formal merupakan suatu tugas yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Beberapa kasus atau masalah yang terjadi selama ini menunjukkan kita masih cukup sulit dan gagap akan penanganan masalah dalam jalur advokasi formal (litigasi). Hal seperti ini kita temui dalam kasus penangkapan beberapa anggota lembaga kemahasiswaan ketika terlibat dalam penanganan aksi demonstrasi yang mengarah kepada bentrokan. Menghadapi masalah ini terkadang kita hanya mengandalkan para advokat yang tergabung dalam lembaga-lembaga bantuan hukum. Tidak ada kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh para mahasiswa dalam jalur ini.

Maka dari itu, dengan bersenjatakan riset dan materi dasar tentang pendampingan hukum diharapkan lepasan-lepasan pelatihan ini dapat menjadi pendamping hukum bagi para mahasiswa yang menemui kendala-kendala dalam bidang akademik maupun non-akademik.

B. NAMA KEGIATAN

Kegiatan ini bernama PELATIHAN DASAR ANGGOTA BARU

C. TUJUAN KEGIATAN

Kegiatan ini bertujuan untuk :

–          Memberikan pendidikan dasar dalam bidang advokasi

–          Memberikan pemahaman keparalegalan

–          Perekrutan anggota Lingkar Advokasi Mahasiswa Unhas

D. TEMA KEGIATAN

Kegiatan ini bertemakan “Satu Langkah, Kawal Perubahan!”

E. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Hari / Tanggal :  Minggu / 22 April 2012

Waktu             : 08.00 WITA sd selesai

Tempat            :  Lecture Theathre 3, Unhas

F. MATERI KEGIATAN

NO MATERI T.I.U T.I.K PEMATERI
1 Ke-LAW-an Peserta dapat memahami landasan terbentuknya Lingkar Advokasi Mahasiswa UNHAS Peserta dapat memahami:1)      Analisis situasional Unhas2)      Hak-hak dasar mahasiswa Nasrullah
2 Pengantar Advokasi Peserta dapat memahami dasar-dasar advokasi dalam lingkup kampus Peserta dapat memahami:1)      Definisi advokasi2)      Pentingnya advokasi3)      Jenis-jenis advokasi4)      Metode-metode advokasi  Maula Razak
3 Keparalegalan Peserta dapat memahami dasar keparalegalan Peserta dapat memahami:1)      Pengantar paralegal2)      Pengantar pidana3)      Pengantar perdata Sirul Haq, SH (LPPHN-Makassar)
4 Advokasi mahasiswa Peserta dapat memahami alur penyelesaian masalah lingkup kampus Peserta dapat memahami alur penyelesaian masalah:1)   Kekerasan akademik2)   Skors/DO3)   Kelembagaan4)   Fasilitas kampus Prof. Dr. Juanda Nawawi (Ketua SPI Unhas)
5 Simulasi Peserta dapat mengimplementasikan advokasi masalah dalam dan luar kampus Hasrul Eka Putra
  • Kontribusi Rp. 20.000
  • Technical Meeting Hari Jumat/20 April 2012, Pukul 15.30 di Pelataran IPTEKS Unhas
  • Formulir pendaftaran silahkan diunduhdisini.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: