LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA UNHAS

Beranda » Kegiatan » Selamat Datang Generasi Baru LAW Unhas!

Selamat Datang Generasi Baru LAW Unhas!

Akhir pekan yang cerah, pukul 8, terlihat wajah-wajah yang penuh antusiasme untuk belajar datang satu per satu di Lecture Theatre 3, Unhas. Hari itu, Minggu, 22 April 2012, Lingkar Advokasi Mahasiswa (LAW) Unhas melaksanakan Pelatihan Dasar (Litsar) Anggota Baru. Setelah menunggu sejam untuk persiapan teknis, Litsar ini dibuka pada pukul 09.00 wita oleh direktur LAW Unhas, Nasrullah. Dalam sambutannya, Nasrullah memaparkan pentingnya kegiatan advokasi di internal Unhas mengingat banyaknya penyimpangan-penyimpangan dalam pemenuhan hak-hak dasar mahasiswa dalam lingkungan kampus.

Selain itu, mahasiswa semester akhir Fakultas Sastra Inggris ini menyampaikan apresiasinya yang besar terhadap antusiasme mahasiswa Unhas  yang cukup besar terhadap kegiatan ini. Bukannya tanpa alasan, antusiasme yang besar tersebut tergambar dari jumlah peserta yang mencapai hingga 41 orang yang terdiri dari beberapa Fakultas yang ada di Unhas seperti Fakultas Hukum, Sastra, Isipol , Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, MIPA, Kehutanan, dan Perikanan.  Sebuah antusiasme yang luar biasa mengingat umur organisasi ini yang masih sangat belia.

Litsar sendiri diisi oleh beberapa pemberian materi dasar tentang advokasi seperti Analisis situasional Unhas dan pemenuhan hak-hak dasar mahasiswa, pengantar keparalegalan, pengantar advokasi, dan jalur advokasi mahasiswa. Pemberian materi dibawakan oleh orang-orang yang cukup kapabel dalam materi yang dibawakannya, seperti Nasrullah (direktur LAW Unhas), Maula Razak (LAW Unhas & Mantan Ketua Senat FE-UH) Sirul Haq, S.H. (Advokat Lembaga Bantuan Hukum Makassar), dan Prof. Juanda (Ketua Unit Pengawas Internal Unhas).

Dalam pemberian materi, Litsar tidak diisi hanya dengan “ceramah” oleh para pemateri, namun juga menerapkan metode-metode yang cukup atraktif guna memahami materi-materi tersebut. Selain itu metode-metode yang atraktif cukup efektif dalam membangun partisipasi setiap peserta dalam setiap pemberian materi. Fokus Group Disscussion, presentase, tanya-jawab, pemecahan kasus, hingga simulasi membuat rangkaian acara yang berdurasi 10 jam ini tidak terasa membosankan. Di ujung acara, sebagai follow up dari pelatihan yang diterima peserta, fasilitator memberikan enam kasus terkait masalah kemahasiswaan dan masalah-masalah sosial disekitar Unhas. Para peserta yang terbagi menjadi enam kelompok diberikan misi untuk melakukan riset dan pendalaman isu terhadap masalah-masalah tersebut sampai pada menentukan metode dan melakukan advokasi. Sesuai dengan tagline dari LAW Unhas: Pelatihan, Riset, dan Pendampingan Hukum.

Kegiatan ini sendiri mendapat respon positif dari beberapa akademisi yang ada di Unhas. Salah satunya datang dari Prof. Juanda pada saat pemberian materinya. Prof. Juanda mengatakan bahwa carut-marut yang terjadi di Unhas sebenarnya dapat diadvokasi oleh kekuatan mahasiswa. Masalah-masalah seperti tidak tersedianya fasilitas memadai, kemalasan dosen dan pegawai, tidak transparannya laporan keuangan, dan seterusnya dapat diadvokasi dengan mekanisme tersendiri yang selama ini tidak diberdayakan oleh mahasiswa. Mekanisme-mekanisme tersebut dapat dilakukan dengan menyurati birokrat-birokrat terkait atau bahkan kita dapat menindaklanjuti beberapa masalah dengan melaporkannya kepada PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negeri).

Tidak hanya dari akademisi, dari mahasiswa sendiri banyak yang meminta bahwa kegiatan seperti ini sering-sering dilakukan. “banyak sekali dari mahasiswa dari fakultas hukum yang meminta kegiatan Litsar ini untuk sering diadakan,” tutur Roksi salah satu peserta Litsar dari Fakultas Hukum.

Reportase Foto:

Tembok Harapan. Kertas yg berisi harapan para peserta. Harapa yg harus dieksekusi.

Para peserta Litsar

Keparalegalan. Pemateri dari LPPHN Makassar, Sirul Haq, SH membawakan materi keparalegalan.

Memecahkan Masalah. Dalam setiap materi, para peserta diberikan kasus-kasus dan masalah untuk dipecahkan bersama.

"Hanya sekali menjadi mahasiswa". karena hanya sekali, harus berani! kata Prof. Juanda, Ketua SPI Unhas. Salah satu Guru Besar yang paling disegani.

Selamat Datang. Penyerahan sertifikat secara simbolik oleh Direktur LAW Unhas kepada salah seorang peserta sebagai ungkapan selamat datang bagi anggota baru LAW Unhas.

Generasi Pertama: Para peserta dan fasilitator LAW Unhas.

Iklan

2 Komentar

  1. ulla,... berkata:

    Semoga konsistensi dan ketulusan tetap mengiringi lagkah maju kawan2,…

    Suka

  2. rEDzar... berkata:

    mantap tap semangat kawan2 Law….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: