LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA UNHAS

Beranda » Berita Advokasi » Prees Release » Kronologi dan Tuntutan Aksi Mogok Kerja Pegawai NAV Makassar

Kronologi dan Tuntutan Aksi Mogok Kerja Pegawai NAV Makassar

AKSI MOGOK, SWIPING DAN PENUNTUTAN HAK PEKERJA

RUMAH BERNYANYI “NAV”

Kronologi aksi 24 Mei 2012
Sebelumnya, suara-suara bising menggema dari seluk beluk ruangan rumah bernyanyi NAV yang berasal dari para pengunjung. Namun kali ini suara bising terdengar dari luar NAV, bahkan lebih bising berisi teriakan-teriakan menggugat dari para pekerja NAV. Mulai pukul 10.00 pagi para pekerja yang tergabung dalam KONFEDERASI SERIKAT PEKERJA INDONESIA (KSPI) mulai menyisir setiap rumah bernyanyi NAV yang tersebar di Makassar seperti NAV 4 yang bertempat di Jalan Gunung Latimojong, NAV 2 bertempat Jalan Boulevard, dan NAV 3 yang bertempat di dalam Mall Panakukang.

Setelah itu, mereka terkonsentrasi di NAV 1 yang terdapat di Jalan Boulevard tepatnya di depan Mall Panakukang. Di sana mereka menyampaikan beberapa tuntutannya yang berfokus pada pembahasan rencana PT. NAV JAYA MANDIRI untuk mengalihkan status tenaga kerjanya menjadi pekerja outsourcing yang akan ditempatkan di tiga perusahaan outsourcing, PT. Absolute, PT. NAV Jaya Mandiri, dan PT. Bima Pratama.

PT. NAV Jaya Mandiri yang merencanakan pengalihan ini mendapat penolakan dari sekitar 43 karyawan PT. NAV yang berhasil mengumpulkan solidaritas karyawan dari 3 cabang rumah benyanyi NAV di Makassar.

Aksi dimulai pada pukul 11:30 Wita dan berkumpul di NAV 1 dan rombongan berhasil menutupnya, setelah itu aksi menuju ke NAV 2 yang berada di ujung jalan boulevard dan rombongan juga berhasil menutupnya. Dan pada pukul 12:30 Wita para rombongan aksi memasuki Mall Panakukang untuk menutup NAV 3 yang berada didalam Mall, dan sempat terjadi adu mulut antara karyawan NAV 3 dengan para rombongan aksi namun akhirnya berhasil ditutup. Setelah para rombongan aksi meninggalkan Mall Panakkukang, mereka kembali ke NAV 1 untuk beristirahat dan makan siang. Pada saat rombongan aksi beristirahat, salah satu karyawan PT. NAV menginformasikan kepada rombongan aksi bahwa NAV 3 yang berada didalam Mall Panakkukangn telah kembali beroperasi.

Selain menolak outsourcing, para karyawan PT. NAV yang tergabung dalam Federasi Serikat Perjuangan Pekerja Pariwisata Indonesia (FSP3I) menyatakan beberapa tuntutan kepada pihak manajemen PT. NAV, yaitu:

  1. Tolak keberadaan PT. KSM (penyalur tenaga kerja outsourcing) di rumah bernyanyi NAV.
  2. Jalankan semua hak normative pekerja sesuai yang di amanahkan dalam UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.
  3. Bayarkan kekurangan hak kerja kami selama 2 tahun mundur.
  4. Bayarkan upah lembur.
  5. Hentikan tindakan intimidasi dan diskriminasi terhadap pekerja.
  6. Usut tuntas pelaku Unio Busting (pemberangusan serikat) di rumah bernyanyi NAV.
  7. Berikan uang makan dan uang transportasi terhadap pekerja.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: