LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA UNHAS

Beranda » JANGAN CENTANG KATEGORI INI » Kronologi Aksi Pedagang Pintu Nol Unhas (versi lengkap)

Kronologi Aksi Pedagang Pintu Nol Unhas (versi lengkap)

Lagi. Kampus Universitas Hasanuddin Mengusik pedagang-pedagang kecil dan menengah di sekitar jalan politeknik, atau lebih sering kita kenal dengan sebutan workshop. seperti beberapa waktu sebelumnya ditahun 2010, beredar desas desus dikalangan pedagang bahwa pihak kampus akan segerea menggusur pedagang-pedagang yang berjualan di area tersebut. Namun pada saat itu, melalui aksi frontal, pedagang-pedagang yang didukung oleh mahasiswa dan masyarakat sekitar berhasil menggagalkan atau lebih tepatnya menunda pelaksanaan penggusuran tersebut.

Kali ini, pihak kampus unhas kembali melemparkan isu yang sama yang disampaikan melalui beberapa surat panggilan pertemuan. Namun kali ini sedikit lebih perlahan. Pihak kampus tak secara langsung mengeluarkan pernyataan akan ‘menggusur’, tetapi memberlakukan sewa yang menurut para pedagang sangat memberatkan, ditambah lagi larangan menjual pada siang hari yang berarti waktu berjualan para pedagang semakin dikurangi dan secara otomatis akan berdampak pada penghasilan mereka secara langsung. Dengan demikian pedagang yang merasa tidak mampu untuk memenuhi kebijakan itu akan dengan sendirinya angkat kaki dari tempat mereka berjualan sekarang. Entah kemana.

Menanggapi rencana rektorat yang akan segera memberlakukan ‘ke(tidak)bijakan’nya, pedagang-pedagang di sekitar pintu nol kembali merapatkan barisan untuk menyampaikan suara mereka yang selama ini dibungkam. Setelah melakukan pertemuan sebelumnya, para pedagang yang terhimpun dalam Forum Pedagang Kaki Lima Jl. Politeknik (FPKLP) menyepakati untuk melakukan aksi di depan rektorat pada hari Senin, 28 mei 2012 untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Mulai dari pukul 09.00 pagi para pedagang dan mahasiswa berkumpul di salah satu warung pedagang di area workshop sembari menunggu massa aksi yang belum datang. Setelah kurang lebih 1 jam menunggu, dengan jumlah yang ada massa bergerak mengitari area workshop untuk menggalang dukungan dari pedagang lain dan masyarakat serta mahasiswa yang ada di sekitar workshop. massa aksi mulai bergerak kearah rektorat sekitar pukul 11.01, diiringi dengan seruan ajakan dan orasi dari pedagang dan mahasiswa.

Kurang lebih berjalan selama 15 menit, massa aksi akhirnya tiba di pelataran rektorat lalu kemuadian menyampaikan orasi. Aksi pedagang kali ini hanya menuntut untuk di pertemukan langsung dengan pihak birokrasi yang berwenang mengeluarkan perintah yaitu Rekor atau WR II untuk mengklarifikasi apakah benar kebijkan tersebut dikeluarkan oleh pihak kampus atau hanya oleh oknum menengah ke bawah. Karena negosiator dari massa aksi tak berhasil memanggil pihak birokrasi untuk turun, maka akhirnya pertemuan dilakukan di ruang rapat di lantai 3 yang dihadiri oleh beberapa perwakilan dari FPKLP, mahasiswa, kepala biro TU & RT, WR I dan WR II.

Setelah berdebat selama kurang lebih 1 jam, negosiasi akhirnya selesai pada pukul 13.50, dan menghasilkan beberapa kesepakatan yang kemudian diumumkan oleh salah satu massa yang hadir di ruang negosiasi. Adapun kesepakatan tersebut angtara lain;

  1. Belum akan ada penggusuran dan sewa menyewa untuk pedagang
  2. Akan diadakan mapping wilayah-wilayah dan masalah-masalah pedagang yang dilakukan oleh tim gabungan Rektorat dan FPKLP
  3. Dari hasil mapping akan disusun konsep bersama
  4. Pedagang dan warga sepakat untuk membersihkan daerah sekitar tempat berdagang.

Pada pukul 14.00  massa aksi kemudian membubarkan diri dari rektorat dengan tertib lalu kemudian berkumpul di salah satu warung milik pedagang untuk makan siang bersama.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: