LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA UNHAS

Beranda » Berita Advokasi » Straight News » Reportase Aksi Warga Buloa 18 Juni 2012

Reportase Aksi Warga Buloa 18 Juni 2012

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Perjuangan!!!

Kuatnya intimidasi dari preman kepada masyarakat Buloa untuk membebaskan tanahnya kepada Bu Ros dengan kompensasi 10-20 juta dan dipindahkan ke gudang membuat masyarakat Buloa resah, gelisah, dan ketakutan. Padahal sebelumnya masyarakat Buloa yang telah mengorganisasikan diri dalam Forum Warga Buloa telah melaporkan tindakan premanisme tersebut kepada jajaran kepolisian Polrestabes Makassar namun tidak ditanggapi serius.

Karena terus mendapatkan intimidasi maka pada hari Senin tanggal 18 Juni 2012, Forum Warga Buloa didampingi dengan Komite Perjuangan Rakyat Miskin (KPRM), Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI), dan Lingkar Advokasi Mahasiswa Universitas Hasanuddin (LAW Unhas) melakukan aksi di kantor DPRD Kota Makassar.

Aksi dimulai pada pukul 11.00 WITA dengan melakukan orasi yang dibuka oleh Kordinator Lapangan yang merupakan anggota LAW Unhas sambil menunggu anggota Komisi A yang sedang meninjau ke lapangan (Daya). Hal ini membuat massa aksi merasa kecewa karena lambatnya respon dari anggota DPRD Kota Makassar, apalagi Komisi A baru datang sekitar kurang lebih tiga jam kemudian. Komisi A DPRD Kota Makassar baru datang sekitar pukul 14.00 WITA, dan pertemuan antara Forum Warga Buloa dengan anggota Komisi A baru dimulai.

Pada pertemuan tersebut massa aksi diterima langsung oleh Ketua Komisi A DPRD Kota Makassar, Rahman Pina yang kemudian memberikan kesempatan kepada warga menyampaikan duduk permasalahannya. Pada kesempatan tersebut warga Buloa menyampaikan bahwa terjadi kondisi yang mencekam di kampung buloa. Hal ini terjadi akibat dari tindakan premanisme yang mengintimidasi dan mencoba mengusir warga untuk segera pindah dari tempat tinggal. Belum lagi pembangunan pagar yang secara massif masih dilakukan oleh Bu Ros sehingga menutupi halaman depan rumah-rumah warga Buloa, hal ini jelas mengganggu aktifitas warga (Hamzah). Kemudian ditambahkan lagi oleh saudara Sirul, S.H bahwa sampai sekarang belum ada kejelasan dari BPN mengenai sertifikat dengan nomor 441 yang dimiliki oleh Bu Ros. Dalam sertifikat itu tidak tertera sama sekali nama Bu Ros sebagai pemilik tanah tersebut tetapi anehnya Bu Ros dengan tindakan premanismenya telah ingin melakukan tindakan eksekusi lahan terhadap tanah warga Buloa. Setelah itu Ketua Komisi A DPRD Kota Makassar mencoba memberikan jaminan keamanan kepada warga Buloa, “Saya atas nama Ketua Komisi A DPRD Kota Makassar mengimbau kepada pihak Kecamatan, Kelurahan, dan Kepolisian untuk terus menjaga keamanan Kampung Buloa”, tutur Ketua Komisi A.DPRD Kota Makassar. Selanjutnya DPRD Kota Makassar melalui Komisi A akan mempertemukan Bu Ros, pihak Kelurahan, Kecamatan, BPN, dan Kepolisian dengan Forum Warga Buloa untuk membicarakan sengketa tanah yang terjadi di Kampung Buloa. Namun salah seorang massa aksi sempat menyanggah pernyataan tersebut dan mengimbau kepada Ketua Komisi A DPRD Kota Makassar agar turun langsung meninjau ke lapangan pada hari itu juga.”Kalau bisa pak ini hari langsung ki turun di kampung Buloa karena mencekam sekali mi premannya Bu Ros”, tutur salah seorang massa aksi. Tetapi dengan alasan banyaknya agenda dari DPRD Kota Makassar, Rahman Pina yang merupakan Ketua Komisi A tidak mengiyakan permintaan dari massa aksi. Setelah itu massa aksi membubarkan diri lalu melakukan pengawasan di kampung Buloa. Forum Warga Buloa juga telah mengirim surat permohonan jaminan keamanan ke Kepolisian Daerah (KAPOLDA) Sulselbar untuk menghalau segala tindakan premanisme yang terjadi di Buloa.

Karena keamanan adalah hak setiap masyarakat Indonesia!!!

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Image

Foto Aksi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: