LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA UNHAS

Beranda » Berita Advokasi » Straight News » SOMASI:Tolak Kekerasan Akademik!

SOMASI:Tolak Kekerasan Akademik!

identitasonline.net – Solidaritas Mahasiswa Anti Kekerasan Akademik (Somasi) Unhas menggelar aksi. Aksi ini bertempat di Pelataran Gedung Rektorat Unhas, Senin (17/09).  Sekitar pukul 12.30 aksi ini berlangsung hingga dua jam lamanya.

Aksi ini merupakan bentuk reaksi Somasi terhadap kekerasan akademik yang menimpa sejumlah mahasiswa Ilmu Kelautan. Ini merupakan buntut dari masalah pengaderan yang masih menjadi polemik. Mereka menuntut tanggungjawab birokrasi kampus masalah kejadian mahasiswa Kelautan yang disidang di Kabupaten Barru. Selain itu, aksi yang tergabung dari berbagai lembaga mahasiswa di Unhas ini juga mempertanyakan landasan aturan yang jelas terhadap empat mahasiswa kelautan yang diberi sanksi dua semester. Dan 40 orang yang diberi sanksi percobaan. Mereka adalah pengurus lembaga dan panitia pengaderan ketika itu.
“Tak hanya itu, aksi ini juga menanyakan kejelasan kekerasan akademik yang dilakukan oknum dosen-dosen di Kelautan Unhas,” jelas Koordinator Somasi Muhammad Nasir. Menanggapi hal ini, pihak birokrasi pun mengajak mahasiswa untuk berdialog.
Dialog bertempat di ruangan Ketua Komdis Unhas, Lantai II Gedung Rektorat. Dihadiri oleh sekitar sepuluh mahasiswa perwakilan dari Somasi. Permasalahan yang dibahas mulai dari status mahasiswa yang diberi sanksi percobaan oleh Komdis FIKP. Dalam dialog tersebut dipaparkan bahwa mahasiswa yang diberi sanksi percobaan masih dapat mengikuti perkuliahan. Namun, mereka tidak boleh lagi melanggar aturan yang berlaku saat ini. “Oleh sebab sanksi skorsing percobaan ini bersifat teguran dan mereka pun masih berstatus mahasiswa,” jelas Prof Andi Iqbal Burhanuddin, Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Unhas.
Senada dengan itu,  Ketua Komisi Disiplin (Komdis) Unhas,  Dr Ir Abdul Rasyid MSi  menyatakan bahwa  sanksi percobaan tidak membatasi orang untuk kuliah. Pihak Komdis Unhas melihat kasus ini dan langkah penyelesaian yang akan dilakukan dengan mempertemukan setiap komponen, seperti Ketua Jurusan, Dekan, dan Komdis Fakultas untuk dapat diselesaikan.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: