LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA UNHAS

Beranda » Berita Advokasi » Hari Tani Nasional 2012: Laksanakan Reforma Agraria Sejati

Hari Tani Nasional 2012: Laksanakan Reforma Agraria Sejati

Teatrikal Hari Tani Nasional 2012 di Makassar (sumber: Antara Foto)

Makassar–WALHI, FMN, LAW UNHAS, FE UH, Serikat Tani Blong Bangkeng (Takalar), FPR, Ampera, PERISAI UH, AMAN, BEM STIKES Megarezky dan BEM FE UNM yang tergabung dalam Sekretariat Bersama-Perjuangan Rakyat Sul-Sel menggelar aksi. Aksi ini dilakukan sebagai peringatan Hari Tani Nasional 2012 yang bertempat di fly over Pettarani, Senin (24/09). Aksi ini dimulai pada pkl. 11.35 dan berakhir pada pukul 13.00 WITA.

Lahirnya beberapa regulasi dan praktek-praktek monopoli serta perampasan tanah rakyat dalam skala besar semakin massif terjadi dalam rezim SBY-Boediono. Beberapa praktek monopoli yang terjadi antara lain pertambangan skala besar (minyak, emas, batu bara, dll), program ketahanan pangan yang merupakan bentuk program ketahanan pangan palsu, program mitigasi dan adaptasi perubahan iklim palsu (REDD+) merupakan proyek-proyek besar yang semakin menyengsarakan rakyat Indonesia. Hal tersebutlah yang menjadi fokus perhatian dari aksi ini sehingga melahirkan beberapa tuntutan besar, yakni pemberhentian seluruh praktek monopoli dan perampasan tanah, pelaksanaaan reforma agraria sejati, dan pembangunan industrialisasi nasional dengan kedaulatan di tangan rakyat serta beberapa tuntutan turunannya.

Aksi ini dikemas dalam bentuk teatrikal yang bercerita mengenai penguasa yang menyengsarakan rakyatnya, orasi politik dari para pimpinan lembaga, pembacaan puisi serta pembakaran foto Obama sebagai simbolisasi perlawanan terhadap imperialis.**

(Apr)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: