LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA UNHAS

Beranda » Berita Advokasi » Diskusi Publik Solidaritas Anti Penggusuran: Penggusuran Ada Dimana-Mana

Diskusi Publik Solidaritas Anti Penggusuran: Penggusuran Ada Dimana-Mana

Makassar–Solidaritas Anti Penggusuran (#SAP) menggelar diskusi publik dengan mengusung tema “Refleksi Penggusuran di Makassar” bertempat di Pelataran Baruga Universitas, Rabu 13 November 2012.  Dengan menghadirkan pembicara dari Solidaritas Anti Penggusuran. Fajri, dan Muh. Cora dari ARKOM (Arsitek Komuniti Makassar).

Diskusi mengangkat sharing pengalaman kasus-kasus penggusuran yang ada di Makassar dan pentingnya perlawanan terhadap masalah tersebut yang notabenenya merupakan wujud kapitalisme yang berselingkuh dengan pemerintah korup. Kerap kali penggusuran itu juga dilakukan oleh Mafia Tanah dan Mafia Pesisir. Dengan alasan klasik untuk pembersihan kota dalam perencanaan tata ruang, penggusuran akhirnya terjadi di mana-mana .

 

Dalam konteks ini, maka perlu adanya pressure dan peran dari mahasiswa dalam mendampingi dan memperjuangkan hak-hak masyarakat yang digusur. Tidak hanya sebagai sosok heroik disaat kasus itu mencuat, namun mampu memberikan solusi dan bekerjasama dalam pembangunan basis masyrakat dan wilayah yang rawan penggusuran. Meskipun tidak ada UU untuk melarang penggusuran, namun ada banyak UU yang membenarkan penggusuran tersebut. Untuk itu semua elemen intelektual harus saling bersinergi dalam membangun perlawanan alternative anti penggusuran.

 

Dengan melibatkan kalangan mahasiswa dari berbagai fakultas, diskusi berlangsung dengan interaktif. “Penggusuran sangat dekat dengan kita.  Penggusuran bukan hanya rumah dan tempat tinggal, tapi yang berhubungan dengan pemindahan siklus dan ruang-ruang hidup kita”, ungkap Narasumber menutup diskusi ini.  [Meutia]

 

Cat: Foto-foto menyusul.

Iklan

1 Komentar

  1. Mira berkata:

    Mana data kasus di makassar selama setahun terakhir. publikasi dong supaya kita bisa tau, apa aja jenis kasusnya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: