LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA UNHAS

Beranda » Berita Advokasi » Parade Satir: “UNHAS On The Spot”

Parade Satir: “UNHAS On The Spot”

Banyak warga jalan yang penasaran On The Spot di Pintu 1 Unhas

Banyak warga jalan yang penasaran On The Spot di Pintu 1 Unhas

Tidak ada penutupan jalan. Hanya menjejerkan 19 orang di bahu jalan pintu satu Unhas. Tidak ada orasi dan pembakaran ban bekas. Hanya poster warna-warni beserta topeng lucu yang mereka gunakan untuk menarik perhatian para pengguna jalan.Tidak ada cibiran. Hanya raut kebingungan dan anggukan kecil yang seketika mengubah ekspresi wajah para penumpang pete’-pete’dan pengendara motor.

Peringatan hari anti korupsi 2012 pada rabu (12/12/12) kali ini dilakukan para mahasiswa Unhas dengan menggelar aksi kampanye dengan tajuk Unhas On The Spot (Parade Satir Kampus Merah). Aksi yang cukup menarik ini diisi dengan pemaparan beberapa fakta tentang kebobrokan Unhas dalam menggunakan anggaran pembangunan kampus.

Dalam posternya, para peserta aksi memprotes penggunaan anggaran tahun 2012 sebesar 3,4 Miliar untuk perbaikan toilet di Unhas. Faktanya, sampai saat tahun 2012 ini akan berakhir beberapa toilet di Unhas membuat kita dapat mencarinya hanya dengan mengandalkan indera penciuman (baca: berbau busuk). Toilet-tolet seperti yang terdapat di Fakultas Sastra, Fakultas Isipol (Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), dan Fakultas MIPA membuktikan peryataan para peserta aksi tadi.

Penting Mana?

Penting Mana?

Selain itu, aksi ini juga menyoroti tindak pemborosan Unhas untuk hal-hal yang sangat tidak berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ruang baru yang terdapat di rektorat, yang diperuntukkan untuk menerima tamu-tamu penting dari luar Unhas, menelan biaya sebesar 1 Miliar. Nilai ini cukup ironis jika dibandingkan dengan pengadaan buku di perpustakaan Unhas yang hanya mencapai 532,5 juta.

Selain dua hal tadi beberapa fakta menarik lain juga dipaparkan dalam kertas berwarna yang menutupi tubuh para peserta aksi. Mulai dari menyoroti lampu jalan Unhas yang mati, penggunaan dana kemahasiswaan yang tidak jelas dan transparan, hingga aksi ‘pemalakan’ yang biasa dikenakan oleh siapapun yang ingin meminjam gedung Unhas. Unhas On The Spot diawali oleh para peserta aksi dengan berjalan menuju pintu satu Unhas pada pukul 16.00 waktu setempat. Dari pintu satu Unhas, paa peserta aksi

kemudian bergerak menuju gedung rektorat Unhas hingga kemudiaan mengakhiri aksinya di Tugu Lima Puluh Tahun Unhas. Sebelumnya (senin, 10/12/12), kota Makassar ramai akan berbagai aksi peringatan hari anti korupsi. Meski aksi dilakukan di berbagai titik dekat kampus yang ada di Makassar, namun pola yang digunakan oleh masing-masing kampus tetap sama, menutup jalan. Hal ini mengakibatkan setiap ruas jalan yang ada di Makassar lumpuh total selama beberapa jam. Unhas On The Spot diharapkan dapat menjadi alternatif bagi aksi demonstrasi yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa.**

Ironi Pemalakan Di Rumah Sendiri

Ironi Pemalakan Di Rumah Sendiri

Pemalakan Di Rumah Sendiri

Pemalakan Di Rumah Sendiri

2 dari 3 Lampu Jalan di Unhas, Mati!

2 dari 3 Lampu Jalan di Unhas, Mati!

 

 

Image

Unhas On The Spot di Rektorat Unhas

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: