LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA UNHAS

Beranda » Berita Advokasi » CATATAN FESTIVAL PASAR TERONG-HARI II ( Baru Mulai )

CATATAN FESTIVAL PASAR TERONG-HARI II ( Baru Mulai )

Image

Festival Pasar Terong

Hari ini (06/12/2013) para pedagang akan mempresentasikan hasil mappingnya dan bercerita mengenai permasalahan yang ada di setiap sektor Pasar Terong. Para pedagang yang tergabung dalam SADAR (Persaudaraan Pedagang Pasar Terong) membagi dirinya berdasarkan area penjualan, diantaranya yaitu Sektor Tangga Selatan, Sektor Poros Terong, Sektor Sawit Selatan, Sektor Sawit Utara, Sektor Kubis, Sektor Labu, Sektor Kelompok 20, Sektor Kelompok 17. Tiap sektor dipimpin oleh satu orang ketua yang bertugas menyampaikan informasi atau isu yang beredar kepada setiap pedagang,para ketua sektor juga bertugas untuk berkoordinasi dengan Ketua SADAR untuk setiap pengambilan kebijakan.

Tiba pada tengah hari, sedikit terlambat karena menunggu teman yang sedang kuliah. Sedikit penyesalan karena datang terlambat, sehingga tidak sempat menyaksikan penampilan musik dari UKM Seni UMI pada awal kegiatan hari ini. Pada saat saya dan teman-teman tiba di lokasi ( Lantai 3 Gedung Utama Pasar Terong), kami sedikit kaget karena jumlah peserta kegiatan yang hadir pada hari kedua Festival Pasar Terong ini ternyata bertambah, bahkan bisa dibilang bertumbuh secara eksponensial baik dari pedagang, fasilitator, dan para partisipan yang ingin melihat bagaimana keadaan Pasar Terong hari ini. Bahkan beberapa sektor yang tidak hadir kemarin telah menyempatkan waktunya untuk bergabung merumuskan pasar terong.

Setelah menginventaris para pedagang yang hadir, maka kegiatan pun dimulai dengan memberikan yel-yel penyemangat kepada para pedagang. Kemudian para pedagang berkumpul kembali sesuai dengan sektornya, dan tentu saja ditemani oleh para fasilitator untuk mengecek kembali kekurangan dari mapping kemarin. Suasana FGD pun kembali terbentuk, fasilitator utama memberikan waktu selama setengah jam untuk memfikskan mapping, namun karena ada beberapa sektor yang baru datang sehingga proses mapping berlangsung selama dua jam.

Image

Mapping dari para pedagang

Pada pukul 14.30 waktu indonesia bagian pasar terong hasil mapping para pedagang telah tersusun rapi, berjejer seperti jemuran. Kemudian perwakilan pedagang naik satu per satu untuk mempresentasikan hasil FGD yang meliputi mapping area, masalah yang dimiliki, dan harapan ke depan. Ketiga pokok permasalahan di atas dipresentasikan dan didiskusikan dengan sesama pedagang maupun fasilitator, semuanya duduk berembuk untuk membicarakan pasar terong ke depan. Bagaimana agar permasalahan yang telah dikumpul pada hari ini dapat dicarikan solusinya, dan harapan para pedagang pasar terong dapat terwujud.

Tak lupa juga ada peluncuran Buku Pasar Terong-Dunia dalam Kota, namun sayangnya karena waktu yang mepet untuk pencetakan buku tersebut sehingga untuk saat ini masih indent, atau harus dipesan terlebih dahulu. Buku ini dapat dipesan di teman-teman Komunitas Inninawa. Adapun isi buku ini meliputi hasil riset ethnographic dari teman-teman ArKom dan AcSi, serta testimoni dari para pedagang yang dilengkapi dengan peraturan-peraturan yang pernah dikeluarkan oleh pemerintah terkait pasar tradisional, dan kliping berita tentang pasar terong.

Itulah sedikit catatan perjalanan selama dua hari Festival Pasar Terong yang mengusung tema “Punna Teai Katte’, Inae Pale’na Appakabajiki Pasara Kaa…” yang jika ditranslate kira-kira artinya “Kalau bukan kita, siapa ji pade kasi bagus ki pasar ka…”. Oh iya sedikit lagi cerita yang tersisa dari perjalanan ini, ketika saya mengintip harapan dari salah satu pedagang pasar terong disitu tertulis dengan sebuah tulisan indah nan menyilaukan ‘Semoga bisa banyak pembeli supaya bisa kasi’ sekolah anak-anak ka’.

Terima kasih teman-teman ArKom dan AcSi –

Besar harapan pedagang, ini baru awal.

Wassalam

Dokumentasi :

Image

Fasilitator utama menerangkan teknik mempresentasikan hasil mapping

Image

Pedagang menjelaskan hasil mappingnya

Image

Ole-ole dari Pasar Terong…

Iklan

2 Komentar

  1. harriini berkata:

    bisa liat contoh mapping pasar terong

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: