LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA UNHAS

Beranda » Berita Advokasi » Straight News » Reportase AKSI MAHASISWA UNTUK KEADILAN-AMUK

Reportase AKSI MAHASISWA UNTUK KEADILAN-AMUK

Aksi Mahasiswa Untuk Keadilan (AMUK) Jumat, 26 April 2013 kembali ricuh. Aksi diawali jam 11.00 dengan arak-arakan mahasiswa dari gedung fakultas MIPA  menuju gedung rektorat untuk mengumpulkan massa dan dilanjutkan ke depan gedung rektorat untuk menyampaikan tuntutan. Aksi ini merupakan aksi solidaritas mahasiswa menuntut dicabutnya sanksi skorsing keenam mahasiswa yang dijatuhi dengan sewenang-wenang oleh pihak dekan dan komdis fakultas sastra.

Aksi awalnya berlangsung kondusif, dengan tiga perwakilan mahasiswa  menemui pihak rektor dan wakil rektor  III, sedangkan  massa yang lain  berorasi di depan rektorat dan jumlahnya pun semakin bertambah untuk menyuarakan tuntutan mereka. Akan tetapi, setelah dua puluh menit berorasi, pihak rektorat tetap tidak memberikan tanggapan terhadap tuntutan tersebut. Korlap aksi pun menginstruksikan massa untuk maju selangkah. Namun, tiba-tiba satuan keamanan rektorat yang terdiri lebih dari 20 orang menghalau massa dengan melakukan tindakan represif yang kemudian membubarkan massa secara paksa.kejadian ini berlangsung jam 11.10 WITA .  Tidak hanya pembubaran massa secara paksa, aksi juga diwarnai tindak kekerasan oleh satuan keamanan rektorat dan beberapa pegawai rektorat. Beberapa dari satuan keamanan tersebut bahkan menggunakan benda-benda tumpul untuk memukuli massa. Sebagian massa yang salah satunya korlap aksi, bahkan mengalami luka-luka akibat dipukuli oleh satpam yang mengamuk. sampai tulisan ini dirilis, sudah teridentifikasi ada tiga massa aksi yang mengalami cidera ringan maupun berat akibat tindakan represif satpam dan pegawai rektorat.

Aksi ini merupakan respon dari ketidakjelsan pihak dekat dan komdis fakultas sastra yang sampai hari ini belum memberikan kepastian terhadap pengajuan  banding dari teman-teman yang diskorsing. Karena kondisi inilah teman-teman melakukan aksi yang kesekian kalinya di rektorat yang diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan ini dengan segera. [HNA]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: