LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA UNHAS

Beranda » Berita Advokasi » Straight News » Solidaritas Masyarakat Pesisir Anti Penggusuran [SOMASI]; Sebuah Reportase

Solidaritas Masyarakat Pesisir Anti Penggusuran [SOMASI]; Sebuah Reportase

Dokumentasi Aksi

Warga korban penggusuran jalan Losari Metro Makassar depan rumah sakit Siloam, Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, bersama seluruh organ yang menyatukan diri kedalam aliansi Solidaritas Masyarakat Pesisir Anti Penggusuran [SOMASI] kembali melakukan aksi demonstrasi karena sampai hari ini (hari ke 35) setelah tergusur pada tanggal 1 maret 2014, warga masih terlantar di pelataran Celebes Convention Center [CCC], tanpa kejelasan atau bantuan sedikitpun dari pemerintah. Aksi ini merupakan aksi lanjutan yang dilakukan setelah sebelumnya (01/04) hanya memperoleh janji dari angota DPRD Provinsi.

Pukul 10 pagi saat sebagian wilayah Makassar terguyur hujan deras, seluruh massa aksi unjuk rasa yang tergabung dalam aliansi SOMASI telah berkumpul di sekitar area fly over Makassar untuk melakukan aksi unjuk rasa. Aksi ini bertujuan untuk mengkampanyekan seluas-luasnya tentang kasus penggusuran yang menimpa warga, dan menuntut pemerintah agar mengambil tindakan atas bencana penggusuran yang menimpa warga ini. Massa aksi melakukan orasi dan membagi-bagikan selebaran kepada pengguna jalan yang melintas. Aksi demontrasi itu berlangsung dengan kondusif tanpa tinda-tindak pengerusakan fasilitas umum.

Berselang kurang lebih satu jam, pada pukul 11:30 seluruh massa aksi beranjak menuju kantor DPRD Provinsi untuk bertemu langsung dengan anggota DPRD Provinsi. Sembari massa aksi menunggu di pelataran bawah gedung DPRD, perwakilan dari aliansi dalam hal ini warga didampigni beberapa pimpinan organ yangtergabung diutus masuk untuk bertemu dengan pimpinan DPRD Provinsi untuk membahas langkah kongkret yang dapat dilakukan sebagai wujud tanggung jawab para wakil rakyat terhadap rakyat yang ia wakili. Setelah menunggu cukup lama, perwakilan aliansi keluar membawa kabar kesepakatan bahwa; DPRD Provinsi telah membuat berita acara penyampaian aspirasi; DPRD provinsi akan segera melakukan peninjauan langsung ke lokasi pengungsian korban penggusuran desa Tanjung Gusung di pelataran CCC; DPRD Provinsi telah mengirimkan surat panggilan kepada Pemerintah Provinsi perihal pertemuan yang akan dilakukan bersama warga korban penggusuran dan organ-organ yang bersolidaritas.

Setelah mendengar pencapaian kecil sementara tersebut, sekitar pukul 13:30, seluruh massa aksi membubarkan diri dengan semangat, dan akan terus mengawal janji dan hasil-hasil yang telah disepakati. [eL]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: