LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA UNHAS

Beranda » Berita Advokasi » LITSAR III: Kepalan Jemari Baru untuk Unhas

LITSAR III: Kepalan Jemari Baru untuk Unhas

Sabtu hingga minggu (17-18 Mei 2014) kali ini agak berbeda. Sebuah titik kembali dimulai di organisasi yang didirikan dua tahun silam. Organisasi advokasi ini kembali membuka pintu untuk anggota baru, untuk kegelisahan-kegelisahan baru. LAW Unhas kembali menggelar Pelatihan Dasar dan Penerimaan Anggota Baru – LITSAR untuk ketiga kalinya.

Kali ini, LITSAR mengambil tema: “Titik Balik”. Tema ini menyiratkan generasi ketiga LAW Unhas akan menjadi titik balik untuk membawa organisasi yang masih belia ini untuk turun bersama massa rakyat melakukan advokasi.

Sabtu itu, acara dimulai pada pukul 09.00 WITA dengan acara pembukaan yang diisi kegiatan orientasi LITSAR, musikalisasi puisi, dan pembukaan oleh Direktur LAW Unhas. Materi pertama adalah Analisis Situasional Kampus yang dibawakan oleh Bapak Alwi Rachman. Pada materi pertama ini para peserta diantar berdiskusi dan bertukar pikiran melalui metode FGD untuk memahami bagaimana peran mahasiswa dalam menciptakan kondisi belajar yang ideal di kampus.

Materi kedua mengenai Pengantar Riset dibawakan oleh Bapak Yahya yang banyak membahas mengenai garis besar dari jenis dan metode riset secara umum. Sebelum memasuki sesi terakhir hari pertama para peserta telebih dahulu melakukan circle check bersama pendamping tiap kelompok untuk mengetahui kekurangan dan mempersiapkan diri untuk materi selanjutnya.

Di sesi terakhir hari pertama LITSAR peserta diberitakan contoh kasus yang akan diadvokasi dengan latar belakang kasus skorsing mahasiswa, sesi ini difasilitasi oleh Kawan Maula.

Image

proses penyampaian materi

 

Pada hari kedua LITSAR dimulai pukul 09.00, sesi pertama yaitu review untuk menyegarkan kembali ingatan peserta mengenai materi LITSAR hari pertama. Setelah itu dilanjutkan dengan materi Advokasi yang dibawakan oleh Kak Wawan dari LBH Makassar, pada materi ini para peserta banyak berdiskusi mengenai dasar-dasar advokasi sampai menyusun strategi dan kemudian sharing mengenai pengalaman di lapangan ketika mengadvokasi.

Materi kedua yaitu Mahasiswa dan Paralegal yang difasilitasi oleh Kak Sirul, metode yang digunakan pada sesi ini adalah FGD sehingga para peserta sangat antusias, terutama karena ini pada materi ini dibahas mengenai paralegal. Setelah materi kedua para peserta kemudian diajak untuk mendengarkan pengalaman advokasi dari beberapa organisasi dan individu, mereka adalah Bu Sohra (warga Kassi Kassi), Kak Dewi (Aktivis Gender), Salim (aktivis buruh-KSN), Muhlis (aktivis mahasiswa Fak. Sastra), Kak Chivas (Serikat Tani Pulobangkeng), Kak Lolo (AGRA), dan Kak Mao (YLBHM).

Mereka banyak membagi pengetahuan mengenai bagaimana kondisi di lapangan ketika mengadvokasi, jalur advokasi yang ditempuh, pembangunan jaringan, menyusun strategi, hingga membangun basis dengan melakukan pendidikan pada masyarakat, selain itu banyak dibahas juga mengenai peran strategis perempuan dalam advokasi. Para peserta sangat bersemangat dan antusias untuk menggali lebih banyak lagi pengalaman dari para pemateri namun karena keterbatasan waktu sehingga hasrat bertanya para peserta tidak semuanya terpenuhi.

Hujan yang turun tidak menyurutkan semangat para peserta LITSAR, pada Pukul 17.00 agenda memasuki sesi terakhir LITSAR. Materi terakhir yaitu Ber-LAW-an yang dibawakan langsung oleh Direktur LAW Unhas, Khaerul Ikhsan, pada sesi kali ini peserta diperkenalkan dengan sejarah LAW, jaringan kerja, dan metode dalam mengadvokasi. Setelah materi Ber-LAW-an para peserta diminta menuliskan dan membacakan standing position untuk menentukan sikap ke depan dalam berorganisasi di LAW. Kegiatan LITSAR ketiga LAW Unhas diakhiri dengan sesi foto bersama panitia dan peserta.

Melalui kegiatan ini diharapkan para LAWers dapat mengaplikasikan setiap pengetahuan yang didapatkan dalam kehidupan sehari-hari,” karena semua pengetahuan yang didapat selama LITSAR akan percuma jika hanya berakhir dengan diskusi di ruangan tanpa diaplikasikan”, ujar salah seorang pemateri dalam sesi sharing advokasi

Generasi Baru LAW Unhas

Peserta Litsar III LAW Unhas

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: