LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA UNHAS

Beranda » Berita Advokasi » Straight News » Keluarga Mahasiswa Fakultas Sastra melakukan aksi solidaritas ‘mace-mace’ kantin kampus

Keluarga Mahasiswa Fakultas Sastra melakukan aksi solidaritas ‘mace-mace’ kantin kampus

MDSC00236aaaakassar, 6 juni 2014, puluhan mahasiswa yang mengatasnamakan Keluarga Mahasiswa Fakultas Sastra melakukan aksi demonstrasi menyuarakan penolakan mereka terhadapa Komersialisasi Pendidikan. Melalui orasi politik yang disampaikan di depan dekanat Fakultas Sastra, sejumlah perwakilan massa aksi juga menegaskan tuntutan mereka atas fasilitas akademik dan non-akademik yang layak. Tak ketinggalan pula disebutkan perihal pelaksanaan asas transparansi dan akuntabilitas di Fakultas Sastra yang belum pernah terwujud. Selama demonstrasi berlangsung, tidak terlihat ada pihak dekanat Fakultas Sastra yang menemui massa aksi, selain sejumlah satuan pengamanan kampus yang terlihat berjaga-jaga. Arak-arakan demeonstrasi yang di lengkapi dengan spanduk dan megaphone itu kemudian bergerak menuju Tugu Lima Puluh Tahun UNHAS (Volcom) setelah lebih dari tiga puluh menit melakukan orasi di pelataran dekanat Fakultas Sastra.

Tiba di Tugu Lima Puluh Tahun UNHAS, massa aksi melingkar hampir memenuhi tugu dengan membentangkan spanduk yang salah satunya bertuliskan ā€˜save mace-maceā€™. Di sana perwakilan-perwakilan massa aksi menyampaikan orasi yang bermuatan kampanye solidaritas untuk membela mace-mace kantin yang menjadi korban langsung dari komersialisasi pendidikan. Sembari penyampaian orasi politik berlangsung, beberapa orang di antara peserta aksi terlihat menyebarkan selebaran yang berisikan sejarah singkat mace-mace kantin dan seruan solidaritas kepada seluruh mahasiswa universitas hasanudin.

Setelah dari tugu volcom, massa aksi bergerak menuju gedung rektorat UNHAS untuk menyampaikan tuntutan mereka kepada kampus agar menghentikan intervensinya kepada mace-mace kantin di seluruh UNHAS, juga intervensi-intervensi kekerasan akademik yang dialami mahasiswa.

Menjelang pukul 12:00 siang, massa aksi kembali ke Fakultas Sastra sembari berorasi menggalang dukungan dari seluruh civitas akaemika UNHAS. Di Fakultas Sastra, massa aksi kemudian membubarkan diri dengan damai.

DSC00257aaa

DSC00262aaa

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: