LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA UNHAS

Beranda » Berita Advokasi » AKSI SOLIDARITAS WARGA MAKASSAR MENOLAK TAMBANG REMBANG

AKSI SOLIDARITAS WARGA MAKASSAR MENOLAK TAMBANG REMBANG

Image

Jumat, 20062014. Solidaritas Warga Makassar (SAMARA) melakukan aksi menolak rencana pembukaan tambang semen di lokasi pegunungan Kendeng, Jawa Tengah. Aksi masyarakat yang menolak peletakan batu pertama pembangunan pabrik Semen Indonesia pada tanggal 16 Juni 2014 direpresi oleh polisi. Aksi yang dilakukan sebagian besar dihadiri ibu-ibu diintimidasi dan dilempari oleh polisi bahkan mereka diangkat ke pinggir jalan ketika sedang melakukan aksi tutup jalan yang merupakan akses menuju lokasi pabrik Semen Indonesia. Penolakan ini dilakukan karena khawatir akan kerusakan lingkungan oleh pertambangan tersebut yang dapat mengancam mata pencaharian warga di lokasi Pegunungan Kendeng, Jawa Tengah apalagi warga tidak pernah dikonfirmasi mengenai pembangunan pabrik semen tersebut.

Aksi kampanye yang dilakukan oleh SAMARA pada siang hari mulai pukul 10.45 mengambil titik aksi di Monumen Mandala dan Kantor PT. Semen Tonasa. Namun aksi soladiritas tersebut kemudian dibubarkan paksa oleh aparat kepolisian baik yang berseragam maupun yang tidak berseragam. Bahkan beberapa partisipan aksi sempat dipukul oleh polisi, spanduk dan petaka aksi pun kemudian disita oleh polisi. Aksi tersebut diklaim illegal oleh pihak Polrestabes Kota Makassar karena dianggap tidak mengantongi surat ijin dari kepolisian.

Image

Meskipun dibubarkan hal tersebut tidak menyurutkan semangat solidaritas dari Makassar untuk Rembang.Ā Pada pukul 11.17 peserta aksi membubarkan diridan kemudian melakukan konvoi keliling kota Makassar. Adapun pernyataan sikap dari Solidaritas Warga Makassar Untuk Rembang (SAMARA) adalah sebagai berikut :

  1. Menolak pembangunan pabrik semen di Rembang
  2. Mendesak PT.Semen Indonesia untuk menarik alat berat pabrik semen dari Rembang
  3. Mengecam tindakan intimidasi dan represif oleh pihak polisi, tentara,dan preman-preman kepada warga Rembang
  4. Mendesak Gubernur Jawa Tengah untuk membatalkan izin tambang PT. Semen Indonesia di wilayah Pegunungan Kendeng.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: