LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA UNHAS

Beranda » Berita Advokasi » Aksi Berjalan Kaki Pemuda Pandang Raya Untuk Mencari Keadilan

Aksi Berjalan Kaki Pemuda Pandang Raya Untuk Mencari Keadilan

Kepada seluruh warga Kota Makassar:

Perkenalkan, Kami para pemuda dari Pandang Raya. Sebuah pemukiman kecil ditengah Kota Makassar yang pada tanggal 12 september lalu telah digusur dan diusir dari tempat kelahiran kami sendiri oleh pengusaha kaya bernama Goman Wisan melalui Pengadilan Negeri (PN) Makassar yang dikawal oleh pihak Kepolisian.

Tanah yang kami tempati bersama keluarga kami selama tiga puluh tahun lebih, diklaim dan digugat sebagai miliknya. Padahal, jika merujuk pada aturan hukum yang benar, surat bukti kepemilikan tanah pengusaha Goman Wisan itu bukan di jalan Pandang Raya, melainkan di jalan Hertasning. Ini juga diperkuat oleh pihak yang berwenang dalam kasus kepemilikan tanah seperti pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Makassar yang juga telah menunjukkan bahwa pengusaha Goman Wisan salah objek. Tetapi mereka bersikeras untuk mengusir kami, menggusur rumah kami, dan mencuri tanah dan tempat tinggal kami.

Kami sadar bahwa penggusuran yang kami alami bukanlah hal yang wajar. Penggusuran yang kami alami sama seperti penggusuran di tempat lainnya yang terjadi di Makassar dan di Indoesia secara kesuluruhan. Penggusuran menurut kami adalah bentuk kejahatan yang terus-menerus terjadi, maka dengan sadar pula, kami menyerukan solidaritas antar sesama warga. Sebab penggusuran hanya bisa dikalahkan jika kekuatan sesama warga itu bersatu.

Kami memilih berjalan kaki mengelilingi Kota Makassar karena kami percaya bahwa kekuatan solidaritas dari sesama warga makassar adalah kekuatan terbesar yang dapat mengalahkan kekuatan Hukum yang telah menginjak-injak keadilan. Kami ingin memperlihatkan kepada seluruh warga Makassar bahwa Kami tak mendapatkan keadilan di tanah tempat lahir kami. Kami ingin memperlihatkan bahwa para pengusaha bisa membeli hukum dan menginjak-injak keadilan lalu merampas hak kami melalui aparat Kepolisian yang juga bisa dibayar. Para pengusaha lebih memilih membangun gedung yang tinggi dan mengusir kami. Para pengusaha akan melakukan segala cara agar kami bisa bungkam, agar kami bisa dikalahkan dan pergi dari tempat kami sendiri. Tapi kami tidak memilih diam!

Setelah tanah dan tempat tinggal kami dihancurkan, kami sadar bahwa para pengusaha yang dibantu oleh PN Makassar dan Kepolisian lupa menghancurkan satu hal: semangat perlawanan kami!

Sekarang, satu-satunya yang bisa kami andalkan adalah solidaritas sesama warga, sebab di negeri ini, kebenaran dan keadilan tidak bisa ditunggu datang begitu saja, ia mesti diperjuangkan.

Persiapan awal untuk aksi jalan kaki "Pandang Raya mencari Keadilan"

Persiapan awal untuk aksi jalan kaki “Pandang Raya mencari Keadilan”

Peserta aksi jalan kaki pemuda pandang raya saat berada di kampus Unhas dan berhenti istirahat  makan siang

Peserta aksi jalan kaki pemuda pandang raya saat berada di kampus Unhas dan berhenti istirahat makan siang

Aksi  jalan kaki pemuda pandang raya saat berkeliling kampus unhas dan membagi2kan selebaran

Aksi jalan kaki pemuda pandang raya saat berkeliling kampus unhas dan membagi2kan selebaran

Sampai saat ini Massa Aksi Solidaritas masih menyusuri jalan-jalan protokol di Makassar  sampai beberapa hari kedepan dan akan finish di Pandang Raya. Dukungan dan Partisipasi kawan-kawan sangat dibutuhkan.

Disadur dari Fanpage FB: SAVE Pandang Raya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: