LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA UNHAS

Beranda » Berita Advokasi » Feature News » SAMBUT HARDIKNAS; MAHASISWA UNHAS MENOLAK SISTEM UKT

SAMBUT HARDIKNAS; MAHASISWA UNHAS MENOLAK SISTEM UKT

SabtCD9ayCwVEAEBLUEu, 2 Mei 2015 merupakan peringatan hari Pendidikan Nasional, pendidikan yang selenggarakan Negara kepada rakyatnya untuk mendapatkan hak-hak pendidikan yang menyeluruh. Maka dari itu Aliansi Unhas Bersatu menggelar aksi penolakan tentang Uang Kuliah Tunggal (UKT), aksi yang berlangsung pukul 08.10 di lapangan gedung pusat kegiatan mahasiswa (PKM) yang pada saat yang bersamaan berlansungnya upacara peringatan hardiknas yang dilaksanakan oleh pihak petinggi kampus dalam hal ini rektorat.

Massa aksi yang berjumlah ± 50 orang ini memprotes pemberlakuan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Setelah menyampaikan beberapa orasi ilmiah, kemudian massa aksi bergerak menuju titik aksi yang kedua yakni GOR Unhas dimana sedang berlangsung soft launching yang dirangkaikan dengan pentas seni menyambut hardiknas yang dilaksanakan oleh pihak rektorat. Padahal pembanguannya sangat jauh dari kesan jadi. Perubahan yang ada hanyaCD9jIC2UgAAKRjE.jpg large pemberian atap dan lantai semen. Massa aksi yang ingin mendekati GOR ini ternyata dihadang dari pihak keamanan rektorat karena dianggap akan mengganggu tamu yang akan datang.

Kemudian massa aksi menuju pintu 1 unhas. Massa berbaris dibahu jalan sambil memegang spanduk dan membagikan selebaran kepada pengendara yang lewat. Dalam tuntutannya mahasiswa mengkritisi pembagian golongan dalam sistem UKT. Pasalnya jumlah golongan I dan II yang membayar Rp.0 – Rp.750.000,- dibatasi hanya sampai 5% saja. Sementara golongan III berjumlah 35%, selebihnya berada pada golongan IV dan V. Artinya, kesempatan siswa kurang mampu secara ekonomi untuk menduduki bangku kuliah sangat terbatas sehingga pendidikan tinggi hanya bisa diakses oleh golongan tertentu saja. Pukul 11:30 massa aksi kemudian membubarkan diri dan kembali masuk ke dalam kampus. [hen]

CD9q_XNUsAA957ADSC00732

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: