LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA UNHAS

Beranda » Berita Advokasi » PERGERAKAN CABUT UU-PT BERMULA DARI DPRD PROVINSI SUL-SEL

PERGERAKAN CABUT UU-PT BERMULA DARI DPRD PROVINSI SUL-SEL

Massa PECAT UU-PT di Fly Over

Massa PECAT UU-PT di Fly Over

Ada yang ribut-ribut di bawah jalan fly over Makassar pada hari kamis 11 juni 2015. Biasanya, di media-media lokal, cuma dua alasan ada orang ribut-ribut. Pertama, mahasiswa yang demonstrasi, dan mahasiswa yang terlibat tawuran. Benar saja, kali ini anak-anak muda Makassar (mahasiswa) ini sedang melakukan aksi demonstrasi.

Mencoba mendekati para demonstran, semakin jelas kelihatan wajah anak-anak muda yang pastinya marah karena ada yang salah dengan kebijakan yang ditelurkan oleh para penguasa. Laki-laki dan perempuan bercampur dalam satu barisan, bersatu membentangkan spanduk dan memegang pataka yang bertuliskan ungkapan protes terhadap UU Pendidikan Tinggi. Dengan ikat kepala berwarna putih bertuliskan “CABUT UU PT” dan suara lantang khas anak muda, mereka meneriakkan sumpah mahasiswa dan berpanggung orasi untuk menyampaikan kontradiksi-kontradiksi terhadap satu kebijakan yang bernama Undang-Undang Pendidikan Tinggi No. 12 Tahun 2012.

Massa PECAT UU-PT berjalan menuju DPRD Provinsi

Massa PECAT UU-PT berjalan menuju DPRD Provinsi

Anak-anak muda (mahasiswa) yang terdiri dari gabungan lembaga-lembaga di empat universitas di Makassar (Universitas Negeri Makassar, Universitas Islam Negeri Alauddin, Universitas Hasanuddin dan Politeknik Negeri Ujung Pandang) ini menamakan diri mereka “Aliansi PECAT UU-PT atau Pergerakan Cabut UU-PT”. Apa yang disuarakan dalam demonstrasi hari ini adalah upaya lanjutan dari aliansi ini untuk mencabut UU-PT No 12 Tahun 2012 yang isinya mengkhianati undang-undang dasar, mencabut hak-hak konstitusional bangsa Indonesia di bidang pendidikan yang seharusnya diakomodasi dengan baik dan setara tanpa unsur-unsur yang diskriminatif.

Aksi demonstrasi ini awalnya di Fly Over, lalu para massa tersebut berjalan beriringan sambil tetap menghunus spanduk dan pataka perlawanan. Selain berjalan, ada juga massa yang mendorong motor menuju DPRD Provinsi Sulawesi Selatan. Di gedung megah tempat para wakil rakyat bekerja itu, para anak muda ini kembali menggelar panggung orasinya dan sebuah pertunjukan puisi dari seorang massa aksi yang membangunkan kembali ruh semangat para massa yang berpusat di balkon gedung seolah pantatnya masih lebih di atas daripada para wakil rakyat itu.

Tak lama berselang, tiga wakil rakyat, Komisi E Bidang pendidikan menerima para mahasiswa tersebut di pelataran gedung. Intensitas massa naik ketika salah seorang anggota dewan tersebut berucap-ucap tentang kebijakan tersebut yang sepertinya mengisyaratkan kekurangan pengetahuan tentang kebijakan tersebut.

Diakhir negosiasi,  lahir sebuah agenda yang disepakati bahwa wakil rakyat tersebut akan mengundang beberapa elemen yang memiliki keterkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan tinggi seperti forum rektor, praktisi pendidikan dan tentunya mahasiswa dari beberapa universitas yang tergabung dalam Aliansi Pergerakan Cabut UU-PT pada hari selasa mendatang.

Massa PECAT UU-PT di Gedung DPRD Provinsi Sul-Sel

Massa PECAT UU-PT di Gedung DPRD Provinsi Sul-Sel

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: