LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA UNHAS

Beranda » JANGAN CENTANG KATEGORI INI » Menjelang Eksekusi; perjuangan warga bulogading.

Menjelang Eksekusi; perjuangan warga bulogading.

Hari ini warga Bulogading kembali melakukan aksi lanjutan dengan melakukan long march bersama beberapa mahasiswa dan organisasi pergerakan. Aksi long march dimulai pada pukul sepuluh pagi  dengan berjalan kaki dari Jl. Slamet Riyadi menuju Balai Kota. Setibanya disana warga meminta untuk bertemu dengan walikota , mereka menuntut janji walikota dan meminta dukungan. Lalu warga disambut oleh Satpol PP yang berjaga di depan kantor walikota, kemudian para petugas satpol PP tersebut menutup pagar untuk mengahalau warga tetapi massa berusaha mencoba masuk dengan mendobrak pagar. Perwakilan warga masuk bersama media dan mahasiswa, serta beberapa warga menerobos masuk ke halaman walikota tetapi tidak bertemu dengan walikota maupun wakilnya.

Aksi tetap dilanjutkan dengan melanjutkan perjalanan ke Pengadilan Negeri Makassar. Massa aksi tersebut berjalan kaki melewati Jl. Ahmad Yani. Setiba di pengadilan negeri sekitar pukul setengah sebelas, warga melakukan orasi menolak penggusuran yang akan dilaksanakan serta menuntut untuk bertemu dengan ketua pengadilan. Akhirnya perwakilan warga Bulogading berdialog dengan panitera pengadilan. Sementara warga diluar tetap menyuarakan penolakan penggusuran warga Bulogading. Kali ini dialog juga tidak menemukan titik temu.
IMG_20150810_123437
Pada pukul setengah satu siang, massa beranjak dari pengadilan negeri menuju kantor DPRD Kota Makassar. Setengah jam kemudian massa tiba di Kantor DPRD Kota Makassar dan kembali menyampaikan aspirasinya, yaitu menolak eksekusi lahan yang akan dilaksanakan pada hari Rabu 12 Agustus 2015. Penyampaian aspirasi warga Bulogading dilakukan oleh warga dan mahasiswa yang diselingi dengan yel-yel dan nyanyian oleh warga Bulogading didepan kantor DPRD Kota Makassar. Setelah itu massa diterima di ruang aspirasi kantor DPRD Kota Makasssar untuk melakukan dialog bersama salah satu perwakilan komisi A bidang pemerintahan. Pada dialog tersebut perwakilan dari Komisi A tersebut akan mengusahakan untuk melakukan mediasi bersama semua pihak yang terlibat dalam proses hukum dan dari pihak pemerintah. Warga meminta kepada pihak DPRD Kota Makassar untuk membuat berita acara pertemuan sebagai jaminan untuk warga. Segera setelah dibuat surat berita acara, kemudian dibacakan kepada warga . Warga juga menuntut untuk segera memastikan kapan mediasi bisa dilakukan. perwakilan komisi A tersebut meminta izin untuk meninggalkan forum untuk berbicara dengan ketua DPRD Kota Makassar untuk memastikan segera kapan mediasi dapat dilakukan, sementara itu warga menunggu kabar tersebut dengan berkumpul di dalam ruang aspirasi. Tak lama kemudian warga diberitahukan untuk kembali besok hari Selasa 11 Agt 2015 untuk melakukan mediasi forum pendapat  dengan pihak pengadilan.
IMG_20150810_130927
Adapun beberapa tuntutan massa yang tergabung dalam Forum Warga Bulogading mengenai permasalahan tersebut, adalah sebagai berikut;

1.Menuntut kepada pengadilan negeri Makassar untuk membatalkan surat eksekusi kepada warga bulogading.

2.meminta kepada Pemkot Makassar memberikan perlindungan secara penuh atas hak tanah kepada masyarakat bulogading

3.menuntut kepada pemerintah untuk mengusut dan mengecam tindakan dari mafia peradilan

4.menuntut kepada Negara untuk segera Melaksanakan Reforma Agraria Sejati.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: