LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA UNHAS

Beranda » Galeri & Kampanye » IPK DAN HAL-HAL YANG BELUM SELESAI SAMPAI DISITU

IPK DAN HAL-HAL YANG BELUM SELESAI SAMPAI DISITU

DSC08159DSC08134

Propaganda ialah salah satu alat menyebarkan wacana untuk menggerakkan manusia agar dapat “berbuat sesuatu”. Caranya pun bermacam-macam. Ada yang melalui media mainstream seperti televisi, koran dan radio, bisa pula lewat media sosial seperti twitter, facebook, dan instagram ataupun menggunakan selebaran.
Tak sedikit juga yang melakukan propaganda dengan melakukan semacam panggung bebas ekspresi. IPK atau Instalasi Perlawanan Kreatif merupakan propaganda dengan model seperti itu, yang dilakukan di lapangan Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) universitas Hasanuddin (Unhas).
Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut, yakni sejak tanggal 10-11 September 2015, terlaksana atas kerjasama beberapa lembaga kemahasiswaan dalam lingkup Unhas. IPK kali ini dirangkaikan dengan penggaalangan donasi untuk warga Bulogading yang tengah menghadapi ancaman penggusuran oleh seorang konglomerat.
Lebih dari itu, IPK turut pula diramaikan oleh berbagai komunitas makanan dan lapak buku. Makanan atau buku yang Anda beli dalam acara tersebut, sudah termasuk dengan tambahan donasi. Alunan musik, puisi dan monolog menambah suasana petang hingga malam menjadi kian menarik.
Di sudut Timur laut panggung, hadirin yang datang disuguhkan oleh photo-booth yang didirikan untuk tujuan propaganda. Orang-orang yang datang diminta juga untuk meng-upload foto mereka dengan hastag #Kamimenolakdigusur.
Selain agar menarik orang untuk datang dan berdonasi ke acara IPK ini, kami harap dengan media sosial yang dimiliki oleh orang-orang yang datang, dapat dimanfaatkan untuk kepentingan propaganda bahwa sedang terjadi kasus sengketa yang akan mengancam warga Bulogading tergusur dari tanah miliknya.
Tapi belum selesai sampai disitu, karena kerja wacana mestinya harus bisa mendorong orang-orang untuk melakukan sesuatu untuk kasus-kasus yang mengancam hak-hak umat manusia seperti di Bulogading.
Dalam IPK kali ini, beragam data tentang kasus penggusuran dipamerkan dalam beberapa bentuk display. Ada kronologi kasus penggusuran di Pandang Raya, data dari kasus reklamasi yang terjadi di pesisir Makassar, khususnya Buloa, ada pula tentang kasus penggusuran Workshop Unhas yang hampir digusur pada tahun 2012 lalu.
Adapun hasil donasi yang berhasil dikumpulkan dari IPK tahun ini adalah sebesar Rp. 3.113.000. Sebanyak Rp. 1.536.000 diperoleh dari bazaar makanan, sementara sisanya didapatkan dari hasil garage sale, bazaar buku, dan sumbangan dari Ikatan Mahasiswa Akuntansi (IMA), masing-masing sebanyak Rp. 472.000, Rp. 105.000 dan Rp. 1.000.000. Kami berterimakasih atas semua pihak yang telah berpartisipasi dan bekerja sama dalam menyukseskan acara ini.

DSC08293 DSC08296 DSC08357

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: