LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA UNHAS

Beranda » Berita Advokasi » Menghapus Korupsi dan Keharusan Berjuang

Menghapus Korupsi dan Keharusan Berjuang

_MG_2423

Aksi Hari Anti Korupsi di fly over tanggal 9 desember 2015 (dok. fajar)

Reportase singkat aksi Hari Anti Korupsi

               Rabu, 09 Desember 2015, Beberapa lembaga di Makassar membuat suatu aliansi yang di beri nama Aliansi Pejuang Anti Kosupsi. Lembaga- lembaga tersebut yaitu GARDA TIPIKOR, KPMIBM, LAW UNHAS, PERMAHI, FORMAHAN, IM3I, dan KEMA FH-UH. Aliansi ini bertujuan untuk membuat aksi damai di Fly Over demi memperingati hari Anti Korupsi sekaligus mempropagandakan kepada masyarakat Makassar bahwa ada musuh terbesar di negeri Kita ini, yaitu korupsi.

                Massa aksi berkumpul di titik awal yang telah disepakati yaitu di Pertamina depan pintu satu Unhas untuk briefing dan berdoa sebelum berangkat ke titik aksi yaitu Fly over. Pada pukul 13.00 WITA , Aliansi mulai berangkat dengan truk sebagai pemimpin konvoi dan di ikuti oleh peserta aksi dengan menggunakan motor yang dikawal juga oleh aparat kepolisian. Pada saat konvoi berjalan, perwakilan tiap lembaga membawakan orasi mereka soal korupsi dan mempropagandakan soal isu-isu korupsi di Indonesia.

                Salah satu orator dari Aliansi Pejuang Anti Korupsi menegaskan bahwa “ Selama korupsi masih ada, kita harus tetap berjuang melawannya karena kita adalah wakil suara dari seluruh rakyat di Indonesia yang tertindas akibat para koruptor”. Peryataan tersebut pasti sangat menggelitik di telinga masyarakat Makassar yang pada saat itu melewati konvoi, karena pasti mereka bertanya-tanya soal siapa yang sebenarnya menjadi wakil rakyat, atau apakah makna dari ‘wakil rakyat’ yang selama ini tindakan para petinggi negeri ini yang tidak merakyat dan malah meresahkan rakyat.

                Ketika tiba di titik aksi, Aliansi Pejuang Anti Korupsi melanjutkan orasinya dan juga pembacaan puisi. Ditambah lagi dengan pameran spanduk soal perlawanan terhadap korupsi dan pembagian selebaran pada orang-orang yang lewat di bawah fly over. Di titik aksi juga terjadi provokasi dari pihak yang tidak diketahui yang membuat kegaduhan dalam berjalannya aksi damai ini. Tapi semua berjalan lancar lagi ketika pihak kepolisian mengamankan provokator tersebut.

                Pukul 15.10 WITA, Aliansi ini beranjak dari titik aksi menuju ke taman kota untuk acara dialog tentang peringatan hari anti korupsi. Sama seperti sebelumnya, para orator dari tiap lembaga membawakan orasinya sebelum sampai ke taman kota dan masih dalam keadaan dikawal oleh pihak kepolisian. Sesampainya di taman kota, Aliansi Pejuang Anti Korupsi mengadakan evaluasi soal aksi damai ini. Evaluasi tersebut mengandung apresiasi dan saran oleh tiap-tiap lembaga yang tergabung dalam Aliansi ini.

                Harapan Aliansi ini adalah semoga hari peringatan anti korupsi ini bukan sekedar momen yang hanya hari ini saja berkoar-koar soal korupsi dan besoknya sudah lupa dengan korupsi. Jadikanlah hari ini adalah awal untuk tetap berjuang melawan korupsi selama korupsi itu masih ada bahkan sampai menjadi ‘korupsi’ sudah tidak ada di kamus besar bahasa Indonesia. Hari ini adalah hari peringatan anti korupsi dan hari untuk memilih para wakil rakyat di tiap daerah di Indonesia. Kami berharap semoga wakil rakyat yang akan terpilih nantinya benar-benar menjadi wakil rakyat, wakil dari suara rakyat yang tertindas akibat ulah para koruptor.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: