LINGKAR ADVOKASI MAHASISWA UNHAS

Beranda » JANGAN CENTANG KATEGORI INI » Menanti Keberpihakan Hukum di tengah Krisis Keadilan

Menanti Keberpihakan Hukum di tengah Krisis Keadilan

Oleh Najib A.

1491848030840.jpg

Perjuangan dan perlawanan warga Bara-baraya terhadap Pangdam VII Wirabuana masih terus berlanjut dan bergulir bagaikan bola panas. Perampasan tanah yang ingin dilakukan pihak Pangdam tersebut dinilai warga sangatlah tidak manusiawi dan melumpuhkan sendi-sendi dari hak masyarakat untuk hidup. Pelbagai kejanggalan dalam kasus ini seperti warga di Bara-baraya memiliki surat Akta Jual Beli (AJB) yang sah secara hukum tapi malah di pandang sebelah mata oleh pihak TNI. Sebabnya, pihak TNI menganggap sertifikat atas nama H. Achmad Andi Umar sah dan bukti yang dimiliki warga seperti AJB dan Sertifikat Hak milik palsu. Selanjutnya, warga Bara-baraya mengajukan gugatan kepada kepala kantor pertanahan kota Makassar di PTUN terkait sertifikat No. 4 yang dikeluarkan oleh BPN tahun 2016 silam.
Sidang terkait kasus ini kembali bergulir Senin 10 April 2017 dengan agenda penyerahan kesimpulan. Sidang yang rencananya dimulai pukul 10:00 WITA diundur sampai pukul 10:45 dengan alasan yang kurang jelas. Sedangkan warga selaku penggugat telah mendatangi dan memadati kantor PTUN sebelum pukul 10:00 WITA. Proses penyerahan kesimpulan yang berisi bukti-bukti dan kronologis dikumpulkan oleh kedua kuasa hukum baik dari yang tergugat dan penggugat. Majelis hakim menjelaskan akan mengaji kronologis dan bukti-bukti tersebut. Sidang lanjutan akan dilaksanakan pada tanggal 27 April 2017 nanti dengan agenda pembacaan putusan.

Kita kembali melihat bagaimana proses pencarian kebenaran dan keadilan yang dilakukan oleh warga Bara-baraya. Tanggal 27 nanti kita akan melihat apakah kebenaran dan keadilan berpihak mereka dari sipil yang seharusnya memiliki kedaulatan tertinggi di negara ini ataukah mereka yang bersenjata, sok berkuasa dan selalu menganggap apa yang mereka katakan adalah kebenaran yang absolut bagai fatwa dari Tuhan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: