Peringati hari tani, Front Perjuangan Rakyat (FPR) Sul-Sel serukan “Lawan Monopoli dan Perampasan Tanah!!!”

Aksi memperingati Hari Tani 2021 FPR Sul-Sel

Law Unhas –  Jumat 24 September 2021, Fornt Perjuangan Rakyat (FPR) Sul-Sel peringati Hari Tani Nasional (HTN) 2021 dengan menggelar aksi massa di depan kantor wilayah ATR/BPN Sul-Sel, tepatnya di jalan Cendrawasi, Makassar. Aksi ini diikuti oleh sekitar dua ratusan massa aksi yang berasal dari berbagai organisasi kemahasiswaan, perempuan, petani dan organisasi non pemerintah.

Aksi ini menyerukan perlawanan atas perampasan dan menopoli tanah. Menurut Alif Nugraha, humas Aksi HTN 2021 FPR Sul-Sel “Semakin banyak regulasi dikeluarkan pemerintahan Jokowi-Maaruf Amien
yang justru memassifkan perampasan ruang hidup. Selain itu, pangan dan hasil pertanian yang tidak stabil harganya semakin menambah panderitaan para petani”.

Isu regional yang disuarakan pada aksi kali ini adalah pengawalan proses pembaharuan Hak Guna Usaha PT Lonsum dan PTPN XIV yang akan berakhir pada tahun 2023. “Di Sulawesi Selatan sendiri diperhadapkan dengan perkebunan besar seperti PT. Lonsum yang merampas tanah ulayat masyarakat adat amma toa Kajang di Bulukumba. Sedangkan di beberapa daerah  seperti  kabupaten Takalar, Luwu Timur, Enrekang, Wajo dan Bone, petani diperhadapkan dengan  perkebunan negara, PTPN XIV, yang merampas dan menguasai tanah-tanah milik petani” dikutip dari selebaran aksi HTN 2021 FPR Sul-Sel.

Selain isu regional tersebut, pada aksi ini juga ada 13 isu yang berusaha untuk disuarakan. Diantaranya; 1) tolak pembaharuan HGU PT Lonsum Bulukumba dan PTPN XIV Takalar; 2) Hentikan perampasan lahan masyrakat oleh PTPN XIV di Luwu Timur; 3) selesaikan seluruh kasus sengketan lahan di Sulawesi Selata; 4) Wujudkan kedaulatan pangan; 5) Cabut Undang-undang cipta kerja; 6) jamin kestabilan hasil produksi pertanian; 7) deklarasi darurat iklim; 8) tingkatkan komitmem NDC Indonesia seusia perjanjian Paris; 9) perpanjang moratorium sawit; 10) hentikan represifitas dan kriminalisasi terhadap aktivis dan rakyat; 11) wujudkan reforma agraria sejati dan bangun industrialisasi nasional; 12) Sahkan RUU PKS; 13) cabut Uu dikti.

Sebagai harapan untuk HTN 2021 kali ini, Alif Nugraha, humas aksi HTN 2021 FPR Sul-Sel, mengungkapkan “kedepannya kami berharap kesejahteraan petani dapat terjamin dan para petani terbebas dari belenggu perampasan ruang hidup” harapnya.

Tinggalkan komentar